Panggung Unik Itu Bernama Panggung Senyap
September 6, 2015
Menikmati konser musik dengan cara yang unik

oleh Gisela Swaragita
Foto dok. twitter/infoFKY

Pernah nonton atau merasakan nonton konser musk, namun dengan cara yang tidak biasa? Yes, cuma di FKY (Festival Kesenian Yogyakarta) yang bisa begini. Di tahun 2015 ini, FKY yang ke 27 menghadirkan sebuah panggung dengan konsep unik bernama Panggung Senyap. Di panggung ini, baik penampil, soundman, dan penonton tidak mendengarkan pertunjukan musik dari sound out, melainkan lewat headset, headphone atau earphone. Alat dengar tersebut harus dihubungkan ke radio yang diarahkan ke gelombang 107.8 FM. Jangkauan gelombang suara yang disiarkan langsung dari panggung tersebut hanya terbatas di sekitar area FKY saja sehingga mereka yang ingin menikmati sensasi Panggung Senyap harus hadir ke tempat tersebut.

Kemeriahan Panggung Senyap telah menjadi sensasi sendiri sejak LKTDOV, sebuah unit skramz asal Jogja, menjadi penampil pertama di panggung tersebut pada Minggu malam. Baik penonton, kru panggung dan soundman, serta para personel LKTDOV sendiri, terlihat tercabik antara kagum dan geli karena para penampil terlihat jumpalitan di atas panggung tanpa suara. Apalagi ketika vokalis, Indra Menus, naik ke atas panggung dan mulai berteriak-teriak ala screamo di depan mikrofon, banyak penonton yang malah melepas headphone masing-masing karena ingin merasakan ganjilnya menonton akapela skramz. “Fun dan menantang! Apalagi LKTDOV menjadi band pertama yang menjajal Panggung Senyap FKY. Karena karakter vokal saya teriak jadi yang terdengar ya teriakan saja. Pas saya teriak, yang pada nonton ngakak. Dibutuhkan konsentrasi lebih untuk set seperti itu tapi untunglah teman-teman terbiasa bermain improvisasi jadi ya enjoy aja.” ujar Indra Menus ketika ditanyai tentang kesannya bermain di Panggung Senyap.

Halim Budiono, pentolan LeftyFish yang akan tampil di tanggal 4 September, juga mengaku was-was tapi penasaran. “Dari awal ditawarin untuk main di panggung dengan konsep begitu memang langsung tertarik… Karena jelas nanti yang denger langsung (tanpa pakai headphone) cuma bakal denger vokal teriak-teriak dan saxophone.” ujarnya. Halim mengaku menantikan kejutan-kejutan yang akan dia alami saat tampil di panggung tersebut. “Kita (penampil) mungkin bakal kaget sendiri juga.” ujarnya.

Dari sudut pandang penonton, Nikolas Nino, gitaris Chick ‘n Soup yang menonton Seek Six Sick pada Senin, 4 September lalu menilai Panggung Senyap sebagai panggung yang “….menyenangkan, unik, dan aneh.” Lanjutnya, “Hal yang lucu terjadi ketika Seek Six Sick menampilkan ‘I’ve Got Sunshine’. Karena lagu itu singalongable, penonton jadi singalong tapi lucu karena nggak ada musiknya.”

Bagi pengunjung FKY yang ingin menjajal uniknya panggung senyap, disarankan membawa gadget dengan aplikasi radio FM juga earphone pribadi karena headphone yang disediakan panitia jumlahnya terbatas. Jadwal Panggung Senyap setiap harinya adalah dari pukul 7 malam hingga pukul 10 malam.