Indonesia Community Network Hadir Kembali
September 16, 2015
Untuk yang ketiga kalinya di Hari Komunitas Nasional 2015

Oleh: Malvino Mambu
Foto: harikomunitas.id

Untuk mewadahi perkembangan komunitas di Indonesia, Indonesia Community Network (ICN) hadir dan memfasilitasi anak-anak muda Indonesia yang ingin berkontribusi untuk membuat perubahan Indonesia. Dengan tagline “idealis, kritis, realistis” ICN diharapkan bisa mendukung berbagai aktivitas lintas komunitas yang dinamis di berbagai bidang seperti hobi, visi, dan juga profesi.

ICN membagi dimensi area interest komunitas menjadi 8 (delapan) bagian yang disebut “Task Force”, diantaranya:
1. Kesehatan (Health)
2. Pendidikan (Education)
3. Seni, Budaya dan Sejarah (Art,Culture and History)
4. Gaya Hidup (Lifestyle)
5. Hak Asasi Manusia (Human Rights)
6. Teknologi dan Media (Technology and Media)
7. Lingkungan (Environment)
8. Gerakan Kepemudaan (Youth Movement)

Indonesia Community Network berperan sebagai pusat informasi mengenai peran komunitas dalam berkontribusi untuk Indonesia. Oleh karena itu, ketiga inisiator yaitu Doddy Matondang, Gerryl Besouw dan Taufan Teguh Akbari mendeklarasikan “Hari Komunitas Nasional” untuk pertama kalinya di Indonesia pada 28 September 2013 di JCC Senayan. Saat itu disahkan oleh Menkominfo Bapak Tifatul Sembiring, Negarawan Bapak Pontjo Sutowo, puluhan founder serta ratusan anggota komunitas lintas bidang.

Sejak diadakan untuk pertama kali di tahun 2013, Indonesian Community Network konsisten untuk merayakan Hari Komunitas Nasional setiap tanggal 28 September. Seperti dua tahun sebelumnya, perayaan Hari Komunitas Nasional (HKN 2015) tahun ini, kembali digelar pada tanggal 26 – 27 September 2015 di Mall Kota Kasablanka, dengan jangkauan yang lebih luas.

3rd Indonesia Community Network 2015 akan menjadi tempat berkumpulnya lintas komunitas dan diprediksi akan mendapatkan atensi yang besar dari banyaknya komunitas yang ada di Indonesia. Peran serta kita sebagai anak muda untuk mensukseskan acara ini, mudah-mudahan bisa menjadi rumah yang baik bagi para anggota komunitas yang ada. Jangan sampe lupa, catet tanggalnya yah!