Dubai’s Hip To The Hop
October 22, 2015
Perkenalkan The Recipe, unit Hip Hop asal Dubai.

oleh w.nugroho
foto: dok. The Recipe

Hip Hop kini mendunia. Sejak hip hop diciptakan sampai hari ini, ada banyak suara hip-hop dari seluruh belahan dunia. Kian hari mereka bak jamur di musim hujan yang terus dan terus tumbuh.

Lebih uniknya, hip hop tumbuh di negara-negara yang unik, dari Jepang, India, Indonesia, Korea Selatan, sampai tempat yang tidak terkira sebelumnya, seperti di Dubai.

The Recipe beranggotakan Kaz Money, Perfect Storm dan Swerte (salah satu personil yang masih mempunyai darah Indonesia dari sisi Ibu dan dilahirkan di Aceh). Sepanjang perjalanan karir bermusik, The Recipe sudah tampil di beberapa klub ternama, pagelaran dan pameran seni bergengsi, festival musik, pertunjukan amal maupun konser musik besar sebagai bintang utama atau sebagai grup pembuka musisi internasional seperti Snoop Dogg, Fat Boy Slim, Akon, Fat Joe, 50 Cent, Lloyd Banks, De La Soul, Marcus Houston, Omarion, Prime Cuts, Foreign Beggars, Pendulum dan Karl Wolf.

Benih benih Recipe sendiri berawal dari sebuah proyek kolektif yang dimulai untuk mengangkat para musisi hip-hop berbakat yang berasal dari Dubai dengan cara berkolaborasi dan merekam sebuah album kompilasi. Hal ini dilakukan untuk mempromosikan budaya Hip-hop di daerah Timur Tengah. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan proyek tersebut sehingga menarik perhatian secara regional, mereka mulai mendapat tawaran untuk tampil di beberapa acara musik.

Swerte P.Storm Kaz Money

Setelah kompilasi tersebut selesai, The Recipe dipilih sebagai nama yang merepresentasikan proyek tersebut. Dalam sebuah acara musik Hip-Hop, dimana untuk pertama kalinya penampil utama-nya adalah artis hip-hop regional, The Recipe pun secara resmi diluncurkan.

Untuk tahu tentang mereka, dengarkan single “Death to Get Here”, sebuah lagu yang diproduser oleh salah satu produser hip – hop ternama di Dubai, Bangzy beserta Dj Kamera. Single ini menggabungkan elemen musikal khas genre Hip-Hop yang raw dengan nuansa produksi yang kekinian, ciri khas dari The Recipe. Di lagu ini, para personilnya bercerita tentang segala pengorbanan yang mereka lakukan sepanjang karir bermusiknya dengan jujur dan apa adanya.

The Recipe juga membuat gebrakan baru dengan merilis video interaktif dengan technology 360 untuk single ‘Death to Get Here’. Sebuah gebrakan baru di media audio visual untuk sebuah video klip, dimana penonton dapat memilih sudut kamera yang terdapat dalam video tersebut seluas 360 derajat. Video klip ini di produksi oleh CollectiveBKP.

Untuk mengenal The Recipe lebih jauh, klik web resmi mereka, www.therecipedxb.com